Friday, April 2, 2010

Printer Canon tidak detek cartridge



Ada beberapa kasus yang mungkin semua printer canon akan mengalami hal itu. Tetapi yang paling banyak menjadi keluhan akhir-akhir ini (baca: awal printer 1200 launching) adalah "Printer tidak detek cartrigde".
Ada dua kasus dalam cartridge tidak kedeteksi yaitu :

1. Tidak terdeteksi ink levelnya.

2. Tidak terdeteksi cartridgenya.

Dua keluhan tersebut selalu dikeluhkan dengan bahasa yang sama yaitu " cartridge tidak kedetek" atau " tidak bisa print".

Untuk kasus yang pertama, jika di lihat di status monitor maka pesan error akan terlihat seperti gambar dibawah ini.



Figure 1. Press Resume Button al least 5 second



Atau jika dilihat pada printernya secara langsung akan ada indikasi blink 4 kali pada printer seri 1p1200 sampai seri IP1880 dan untuk printer MP 160,MP150,MP145 pada seven segment nya akan muncul error message E4. Jika hal itu terjadi pada printer anda tidak usah repot-repot dibawa ke service center. Cukup anda tekan tombol resume ;dibawah tombol power untuk seri IP dan tombol paling kanan sebelah tombol copy untuk seri MP; selama paling sedikit 5 detik per cartridge* maka printer akan bisa digunakan lagi. Jika printer anda termasuk seri lama ;IP1200 sampai IP1700; maka cukup menekan tombol resume 1 kali per cartridge*.



Kenapa error tersebut bisa muncul ?!

Untuk printer sebelum IP1700, error tersebut akan muncul jika kita melakukan penggantian cartridge dengan bukan Original atau kita memindahkan cartridge dari printer yang lain atau kita melakukan refill pada cartridge tersebut. Hal itu karena printer sudah mendeteksi ink pada cartridge sudah habis dan harus diganti atau dengan kata lain ink levelnya sudah tidak dikenali oleh printer. Menekan tombol resume 5 detik adalah untuk men disable fungsi dari ink level. Setelah itu maka ink level tidak akan bisa digunakan dan akan di deteksi kosong oleh printer, tetapi printer masih bisa digunakan.



Untuk error yang kedua akan terlihat seperti gambar dibawah ini jika kita lihat dari printer Status monitor.

Figure 2. Catridge not detected



Jika hal itu terjadi, itu berarti cartridge sudah tidak dikenali oleh printer. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari cartidgenya sendiri yang memang error, bisa dari carriage Unit nya yang bermasalah atau bisa dari mainboardnya yang memang tidak bisa mendeteksi adanya cartridgenya. Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan cara membersihkan carriage unitnya (tempat cartridge) dengan alkohol + kain lap bersih ;kondisi printer mati; atau juga dengan membersihkan cartridgenya sendiri dengan alkohol + kain lap bersih dengan hati-hati. Jika hal itu tetap tidak bisa, lebih baik di bawa ke service centre terdekat. Karena untuk memastikan harus dilakukan kanibal (compare) dengan part yang masih bagus.



Catatan :

1. Jika yang tidak terdeteksi 2 cartridge, ulangi menekan tombolnya 2 kali
thumbnail
Judul: Printer Canon tidak detek cartridge
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Printer :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Supported by Apk Data Android